SHAHABAT YANG MENJADI UTUSAN
RASŪLULLĀH SHALLALLĀHU ‘ALAYHI WA SALLAM

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين اما بعد

Alhamdulillāh. Ma’āsyiral Ikhwah wa Akhawat Fīdīn Rahimakumullāh.

Kita kembali bersyukur kepada Allāh Subhānahu wa Ta’āla yang memudahkan kita (taufik-Nya) sehingga kita dipertemukan kembali di dalam majelis ilmu yang mulia, di dalam pembahasan Kitāb yang sangat bermanfaat Tahdzībus Sīratin Nabawiyyah (تهذيب السيرة النبوية), ringkasan sirah atau sejarah hidup Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam. Buah karya dari Al Imamu Hafizh Abu Zakariyya Yahya ibnu Syaraf An Nawawi Ad Dimasyqi rahimahullāhu ta’āla.

Bersama saya yang membawakan kajian ini, Abdullah bin Taslim. Alhamdulillāh kajian ini seperti biasa diselenggarakan oleh grup kajian BiAS (Bimbingan Islām).

Saat ini kita sampai di: الحلقة الخمسة عشرة (halaqah yang ke-15), yaitu:

فصل في رسله – صلى الله عليه وسلم
_▪︎ Shahabat yang Pernah Menjadi Utusan Rasūlullāh ﷺ_

Shahabat-shahabat yang pernah diutus untuk menyampaikan dakwah atau seruan Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam yang tertulis di dalam surat.

Imam An Nawawi membawakan beberapa nama di antaranya:

وأرسل – صلى الله عليه وسلم – عمرو بن أمية الضمري إلى النجاشي، فأخذ كتاب رسول الله – صلى الله عليه وسلم
_Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam pernah mengutus Amri ibnu Umayyah Al Dzamri radhiyallāhu ‘anhu kepada raja An Najāsyi, beliau yang membawa surat atau kitāb yang ditulis oleh Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam._

ووضعه على عينيه، ونزل عن سريره، فجلس على الأرض، ثم أسلم
_Kemudian raja An Najāsyi mengambil surat dari Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam tersebut dan meletakkan di kedua matanya (menghormati atau mengagungkan surat tersebut). Dan dia pun turun dari singgasananya dan duduk di tanah kemudian dia masuk Islām._

ثم أسلم حين حضره جعفر بن أبي طالب، وحسن إسلامه
_Ketika itu hadir dihadapannya Ja’far ibnu Abi Thālib sepupu Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam, kemudian dia baik dalam Islāmnya._

Penjelasan yang dibawakan oleh Imam An Nawawi di sini berbeda dengan apa yang diterangkan oleh para ulama lain yang ditunjukkan juga di dalam beberapa dalīl yang shahīh.

Bahwa Najāsyi yang dikirimi surat oleh Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam untuk diajak kepada Islām berbeda dengan An Najāsyi yang masuk Islām.

Najāsyi yang masuk Islām adalah Najāsyi yang dikenal oleh kaum muslimin sebagai tempat hijrah pertama kaum muslimin ketika mereka ditindas di kota Mekkah.

Najāsyi yang masuk Islām yang kemudian pernah dishalatkan oleh Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam dengan shalat jenazah ghaib karena beliau masuk Islām dalam keadaan menyembunyikan keislāmannya dari para pembesar dan rakyatnya.

Adapun Najāsyi yang disebutkan di sini adalah Najāsyi yang tidak diketahui keislāmannya sebagaimana yang dijelaskan oleh Imam Ibnu Qayyim rahimahullāhu ta’āla dalam kitāb Zaadul Ma’ad. Dan juga dalam kitāb Al Bidaya wa An Nihaya oleh Imam Ibnu Katsīr rahimahullāhu ta’āla.

Bahkan dalam hadīts riwayat Imam Muslim ada pernyataan dari Anas bin Mālik radhiyallāhu ‘anhu yang menunjukkan perbedaan antara dua Najāsyi tersebut. Dan Najāsyi adalah gelar raja yang ada di Habasyah (Ethiopia).

Dan Najāsyi yang masuk Islām adalah Najāsyi tempat pertama hijrahnya kaum muslimin, adapun Najāsyi yang dikirimi surat oleh Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam ini tidak diketahui keislāmannya.

Na’am yang masuk Islām adalah Najāsyi yang pertama.

وأرسل دحية بن خليفة الكلبي بكتاب إلى هرقل عظيم الروم. وعبد الله بن حذافة السهمي إلى كسرى ملك فارس.
_Dan Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam pernah mengutus Dihyah bin Khalifah Al Kalbi untuk membawa surat beliau kepada Heraclius pembesar (rajanya Romawi). Kemudian mengutus Abdullāh ibnu Khudzāfah As Sahmi kepada raja dari Persia._

وحاطب بن أبي بلتعة اللخمي إلى المقوقس ملك مصر والإسكندرية فقال خيرًا، وقارب أن يسلم، وأهدى لرسول الله – صلى الله عليه وسلم – مارية القبطية وأختها شيرين
_Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam juga mengutus Hāthib ibnu Abi Balta’ah Al Lakhmi kepada Al Muqawqis raja Mesir dan Al Iskandariyyah. Dan dia menyambutnya dengan baik dan dia dekat dengan Islām._

Kemudian dia menghadiahkan kepada Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam Māriyah Al Qibthiyyah dan saudarinya yang bernama Syirīn (Sirīn).

فوهبها رسول الله – صلى الله عليه وسلم – لحسان بن ثابت.
_Kemudian saudari perempuan Māriyah yang bernama Syirīn diberikan kepada shahabat Hasān ibnu Tsābit radhiyallāhu ‘anhu._

وأرسل عمرو بن العاص إلى ملكي عمان، فأسلما، وخليا بين عمرو وبين الصدقة، والحكم فيما بينهم، فلم يزل عندهم حتى توفي رسول الله – صلى الله عليه وسلم.
_Kemudian Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam mengutus Amr ibnul Ash kepada dua raja Oman, kemudian keduanya masuk Islām. Kemudian mereka menyerahkan urusan sedekah kepada Amr ibnul Ash dan urusan memutuskan hukum (dijadikan hakim) di situ. Kemudian Amr ibnul Ash tinggal bersama mereka sampai Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam wafat._

وأرسل سليط بن عمرو العامري إلى اليمامة إلى هوذة بن علي الحنفي.
_Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam juga mengutus Salīth ibnu Amr Al Āmiri kepada penduduk Yamāmah kepada pimpinannya yaitu Haudzah ibnu Ali Al Hanafi._

وأرسل شُجاع بن وهب الأسدي إلى الحارث بن أبي شمر الغساني، ملك البلقاء من أرض الشام.
_Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam juga mengutus Syujā’ ibnu Wahab Al Asadi kepada Al Hārits ibnu Abi Syamir Al Ghasāni raja dari Al Balqā’ dari negeri Syām._

وأرسل المهاجر بن أبي أمية المخزومي إلى الحارث الحميري. وأرسل العلاء بن الحضرمي إلى المنذر بن ساوى العبدي ملك البحرين، فصدق وأسلم.
_Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam juga mengutus Al Muhājir ibnu Abi Umayyah Al Makhzumi kepada Al Hārits Al Himyari, kemudian Beliau shallallāhu ‘alayhi wa sallam mengutus Al Āla ibnu Al Hadhrami kepada Al Mundir ibnu Sāwa Al Abdi raja Al Bahrain yang kemudian dia membenarkan seruan Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam dan masuk Islām._

وأرسل أبا موسى الأشعري ومعاذ بن جبل إلى جملة اليمن (داعيين) إلى الإسلام، فأسلم عامة أهل اليمن، ملوكهم وسوقتهم
_Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam juga mengutus Abu Musa Al Asy’ari dan Mu’ādz ibnu Jabal kepada penduduk Yaman, mereka menjadi dai mengajak mereka kepada Islām, sehingga mayoritas penduduk Yaman masuk Islām (raja dan rakyat mereka sebagian besar masuk Islām)._

Itulah utusan-utusan yang pernah diutus oleh Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam untuk berdakwah membawa seruan Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam kepada raja-raja atau pembesar-pembesar yang ada di negeri-negeri di sekitar tanah Arab maupun yang jauh dari tanah Arab.

Na’am, Bārakallāhu Fīkum.

Semoga apa yang kita bahas bermanfaat.

صلى الله و سلم وبارك على نبينا محمد وعلى آله وصحبه و من تبعهم بإحسان إلى يوم الدين
والحمد الله رب العالمين
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد إن لا إله إلا أنت استغفرك وأتوب إليك
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته
BimbinganIslam.com
Selasa, 06 Rabi’ul Awal 1443 H/12 Oktober 2021 M
Ustadz Abdullah Taslim, Lc. MA
Kitāb Tahdzībus Sīratin Nabawiyyah (تهذيب السيرة النبوية)
Halaqah 15: Sahabat yang Menjadi Utusan Rasūlullāh Shallallāhu ‘alayhi wa sallam
———————————————————-​
Semoga Allah melimpahkan taufik-Nya kepada kita semua untuk amal yang dicintai dan diridhai-Nya. Shalawat dan salam semoga juga dilimpahkan Allah kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu Álaihi Wasallam, segenap keluarga dan para sahabatnya.

MEDIA DAKWAH EUROMOSLIM: Buletin Terbit Setiap Hari Jum’at
EUROMOSLIM-AMSTERDAM
Indonesisch-Nederlandsche Moslim Gemeenschap–Amsterdam
Organisasi Keluarga Muslim Indonesia-Belanda di Amsterdam
EKINGENSTRAAT 3-7, AMSTERDAM-OSDORP

Amsterdam, 07 januari 2022 / 04 jumadal akhirah1443
Saran, komentar dan sanggahan atas artikel diatas kirim ke:
E-mail: Euromoslim-Amsterdam: media@euromoslim.org