السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته
الحمد لله ربّ العالمين والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين وعلى آله وصحبه أجمعين، اما بعد
Kaum muslimin dan muslimat rahīmani wa rahīmakumullāh.
Ini adalah halaqah kita yang ke-2, dalam mengkaji kitāb: بهجة قلوب الأبرار وقرة عيون الأخيار في شرح جوامع الأخبار (Bahjatu Qulūbil abrār wa Quratu ‘uyūnil Akhyār fī Syarhi Jawāmi’ al Akhyār) yang ditulis oleh Syaikh Abdurrahmān bin Nāshir As Sa’dī rahimahullāh.
Pada halaqah ini kita akan membahas hadīts yang kedua yang disampaikan oleh penulis yaitu hadīts dari ‘Āisyah radhiyallāhu ta’āla ‘anhā. Beliau berkata:
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم” مَنْ أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ او مَنْ عَمِلَ عَمَلًا لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ
_Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam bersabda:_
“ Barangsiapa mengada-ada sesuatu yang baru di dalam perkara agama kami yang bukan berasal dari agama kami atau barangsiapa mengamalkan suatu amalan yang bukan dari agama kami, maka amalan tersebut tertolak.”_ (Hadīts riwayat Imām Bukhāri dan Muslim)
Hadīts ini termasuk hadīts yang mulia, yang disebutkan oleh para ulamā yang merupakan tolak ukur diterimanya suatu amalan, sebagaimana pada hadīts sebelumnya merupakan tolak ukur diterima amalan ditinjau dari sisi niat orang yang melakukannya.
Adapun hadīts kedua ini merupakan tolak ukur diterimanya suatu amalan dilihat dari sisi zhāhirnya.
Karenanya para ulamā telah menyebutkan syarat terima suatu amalan ada dua, yaitu:
⑴ Ikhlās di dalam melakukan amalan tersebut.
⑵ Mutāba’ah mengikuti tuntunan Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam di dalam mengamalkan amalan tersebut.
Apabila kurang salah satu dari dua syarat ini maka amalan tersebut tidak diterima oleh Allāh Subhānahu wa Ta’āla.
Seperti:
Orang yang dia beramal tetapi tidak ikhlās maka amalannya tidak diterima oleh Allāh Subhānahu wa Ta’āla.
Begitu juga orang yang dia beramal satu amalan dengan ikhlās akan tetapi dia menyelisihi tuntunan Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam dalam mengerjakan amalan tersebut, maka amalan tersebut juga tertolak sebagaimana disebutkan oleh Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam di dalam hadīts ini:
فَهُوَ رَدٌّ,
” Amalan tersebut tertolak.”_
Maka ada beberapa faidah yang bisa kita ambil dari hadīts ini, di antaranya:
⑴ Wajibnya mengikuti tuntunan Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam di dalam beramal. Baik itu amalan yang sifatnya kauliyyah (amalan lisan) ataupun amaliyyah (anggota badan).
⑵ Segala amalan yang baru, yang tidak sesuai dengan tuntunan Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam maka amalan tersebut tertolak.
⑶ Suatu amalan yang dilakukan dengan cara yang dilarang secara syari’at maka amalan tersebut adalah amal yang fāsiq.
Amal yang fāsiq adalah amal yang rusak (yaitu) amal yang tidak diterima oleh Allāh Subhānahu wa Ta’āla.
Demikian yang bisa kita kaji pada kesempatan kita kali ini, in syā Allāh kita lanjutkan lagi pada halaqah berikutnya.
وصل الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
والسلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته
BimbinganIslam.com
Selasa, 09 Rajab 1439 H / 27 Maret 2018 M
Ustadz Riki Kaptamto Lc
Kitab Bahjatu Qulūbul Abrār Wa Quratu ‘Uyūni Akhyār fī Syarhi Jawāmi’ al Akhbār
Halaqah 002| Hadits 02
Semoga Allah melimpahkan taufik-Nya kepada kita semua untuk amal yang dicintai dan diridhai-Nya. Shalawat dan salam semoga juga dilimpahkan Allah kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu Álaihi Wasallam, segenap keluarga dan para sahabatnya.
MEDIA DAKWAH: Buletin Euromoslim Terbit Setiap Jum’at
EUROMOSLIM-AMSTERDAM
Indonesisch-Nederlandsche Moslim Gemeenschap–Amsterdam
Organisasi Keluarga Muslim Indonesia-Belanda di Amsterdam
Ekingenstraat 3-7, Amsterdam – Nederland
Amsterdam, 1 juni 2018 / 16 ramadhan 1439
Saran, komentar dan sanggahan atas artikel diatas kirim ke:
E-mail: Euromoslim-Amsterdam: media@euromoslim.org